Posted on

Peran Data Scientist dalam Mengelola Data di Era Digital


Peran data scientist dalam mengelola data di era digital semakin penting dan strategis. Seiring dengan perkembangan teknologi yang semakin pesat, data scientist memiliki tugas utama untuk menganalisis dan mengelola data sehingga dapat memberikan informasi yang berharga bagi perusahaan atau organisasi.

Menurut Dr. Djatmiko, seorang pakar data science dari Universitas Indonesia, “Peran data scientist dalam mengelola data di era digital sangat vital. Mereka tidak hanya sekadar mengolah data, tetapi juga harus mampu menginterpretasikan data menjadi informasi yang berguna bagi pengambilan keputusan.”

Data scientist memiliki kemampuan untuk menggunakan teknik analisis data yang kompleks, seperti machine learning dan data mining, guna menghasilkan insight yang mendalam dari data. Mereka juga harus memiliki keahlian dalam pemrograman dan statistik untuk dapat mengelola data dengan baik.

Menurut Brian Subirana, seorang profesor data science dari Massachusetts Institute of Technology (MIT), “Data scientist harus mampu menggali informasi yang tersembunyi dalam data dan mengkomunikasikan temuan mereka secara efektif kepada pemangku kepentingan.”

Dalam mengelola data di era digital, data scientist juga harus memperhatikan etika dalam penggunaan data. Mereka harus memastikan bahwa penggunaan data dilakukan secara adil dan sesuai dengan peraturan yang berlaku.

Dengan peran yang strategis ini, data scientist diharapkan dapat membantu perusahaan atau organisasi dalam pengambilan keputusan yang lebih tepat dan akurat berdasarkan data yang ada. Mereka juga diharapkan dapat memberikan kontribusi nyata dalam meningkatkan kinerja dan daya saing perusahaan di era digital yang penuh dengan persaingan.

Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa peran data scientist dalam mengelola data di era digital sangatlah penting dan strategis. Mereka adalah ujung tombak dalam mengubah data menjadi informasi berharga yang dapat membantu perusahaan atau organisasi mencapai tujuan mereka. Oleh karena itu, peran data scientist tidak boleh dianggap remeh dalam era digital ini.